Selasa, 20 Maret 2012

Tips Kecantikan Agar Rambut Indah


“Shampoo, hairspray, keriting, cat, dsb can damage our hair.  How should we do so our hair is still healthy although we do a lot of hair do??”

Beautiful hair is a dream of every woman, maka tak salah jika wanita selalu berusaha menata rambutnya dengan sempurna. Dalam menata rambut, tak jarang digunakan produk-produk untuk rambut, seperti hairspray, gel, sampo, cat, dsb. Rambut pun sering kali diberi berbagai perlakuan, misalnya disasak, dikeriting, dll.
Namun, dari penggunaan produk-produk rambut (disebut faktor kimiawi) dan berbagai perlakuan terhadap rambut (disebut faktor mekanik), mengakibatkan rambut rusak. misalnya, rambut menjadi kering, rontok, bewarna kusam, atau berketombe. Nah, kondisi seperti ini tentu tak diinginkan. Jadi, bagaimana caranya agar rambut aman dari pengaruh buruk dan tetap sehat?
Untuk menjaga rambut tetap sehat, kita harus menggunakan produk yang bermutu baik. Sebelum menata rambut, pastikan bahwa produk yang digunakan mampu menata rambut dengan baik dan tidak merusak rambut. Berikut adalah tips untuk rambut indah:
1. Sisir
Pilihlah sisir yang baik, yaitu sisir yang tidak terlalu keras dan memiliki sikat yang licin. Pemakaian sisir yang keras bisa mengakibatkan kutikula rambut robek. Kini, di pertokoan dijual sisir khusus perawatan yang berbentuk sikat. Keistimewaanya, helai-helai sikatnya dikelilingi bulu halus, sehingga dapat menyentuh rambuh dengan lembut.

2. Alat Pengering Rambut
Alat ini cukup sering digunakan dalam penataan rambut. Efek negatifnya, rambut menjadi kering. Agar alat ini tidak merusak rambut, gunakan panas yang minimal, dan pastikan rambut dalam keadaan 3/4 kering. Jangan biarkan pengering berada di satu bagian kepala terlalu lama. Selain itu, jaga jarak antara kepala dengan alat pengering sejauh 15 cm. Terakhir, hindari kulit kepala dari suhu yang terlalu panas.

3. Shampoo
Shampoo adalah produk rambut yang sering kita gunakan. Memilih shampoo yang tepat memang bukan hal yang mudah, karena Anda harus mencobanya terlebih dahulu sampai menemukan yang sesuai. Jangan terpengaruh oleh banyaknya busa yang dihasilkan, karena beberapa produsen sering kali dengan sengaja menambahkan unsur penghasil busa hanya karena alasan komersial.
Shampoo yang baik akan dengan mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Setiap shampoo mengandung unsur serta komponen yang berbeda untuk setiap jenis rambut, misalnya, shampoo untuk rambut berminyak mengandung komponen-komponen yang brgungsi untuk memberishkan rambut. Satu hal lagi, seusai keramas, jangan lupa mengoleskan conditioner agar rambut mudah disisir dan mencegahnya dari kekeringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar